7 komponen pokok sebuah komputer

7 komponen pokok sebuah komputer - assalamualaikum wr.wb nama saya Riza Dwi Utami. kali ini saya akan memposting tentang tugas saya minggu lalu. dan inilah rangkumannya :

7 komponen pokok sebuah komputer yaitu :
1. Motherboard
2. Processor
3. Ram
4. Harddisk
5. VGA
6. CD Room and Sound
7. Power Supply Unit (PSU)

Fungsi dari Motherboard :
    Pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang padanya. Mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC. lalu lintas data semuanya diatur oleh Motherboard, mulai dari peranti penyimpan (Harddisk, CD-ROM), peranti masukan data (keyboard, mouse, scanner), atau printer untuk mencetak.

Fungsi dari Processor :
    Berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socketr yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.


Fungsi dari RAM :
berfungsi untuk menyimpan data sementara dari suatu program yang sedang kita jalankan dan data-data tersebut bisa diakses secara acak atau random.


Fungsi dari Harddisk :
Harddisk terdiri atas beberapa komponen penting. Komponen utamanya adalah pelat (platter) yang berfungsi sebagai penyimpan data. Pelat ini adalah suatu cakram padat yang berbentuk bulat datar, kedua sisi permukaannya dilapisi dengan material khusus sehingga memiliki pola-pola magnetis. Pelat ini ditempatkan dalam suatu poros yang disebut spindle.


Fungsi dari VGA :
berfungsi untuk mengolah data graphis dan ditampilkan di layar monitor, VGA juga memiliki processor yang dinamakan GPU(Graphics Processing Unit) dan membutuhkan memory juga.


Fungsi dari CD Room and Sound :
CD Room merupakan salah satu dari berbagai perangkat keras komputer, CD kebanyakan diproduksi atau dibuat di pabrik. Teknis perekaman CD bukan berupa magnetik, seperti fasilitas ploppy & harddisk. Untuk sebuah CD, suatu laser akan menggoreskan data pada disket master. Pembuatan laser akan membakar lubang pada permukaan lembut disket, menghasilkan permukaan datar di antaranya. Pola lubang & bagian menunjukkan data. Sampai 682 MB data teks, audio, video, & grafis akan di tulis pada disket. 


Fungsi dari Power Supply Unit (PSU) :
Fungsi dasar dari power supply adalah mengubah jenis daya listrik yang tersedia di stopkontak, 120 volt, 60 Hz, menjadi arus komputer dapat digunakan, +5 dan +12 volt DC saat ini. Biasanya komponen elektronik digital dan sirkuit di komputer, seperti motherboard, kartu adaptor, dan papan disk drive logika, gunakan +5 volt power, dan kipas dan motor disk drive menggunakan daya +12 volt. Untuk komputer untuk berjalan dengan baik, pasokan dari kedua jenis arus harus diberikan setiap saat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 komponen pokok sebuah komputer"

Posting Komentar

Silahkan komentar yang baik dan mendidik..